Butuh-Artikel.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenal Biosfer (Lapisan Tempat Makhluk Hidup)

Biosfer bila dilihat dari epistemologinya, istilah biosfer terdiri dari dua kata, yaitu bios yang artinya hidup dan sphere yang berarrti lapisan. Secara harfiah biosfer berarti lapisan hidup, artinya lapisan tempat organisme atau makhluk hidup. Dalam pengertian yang lebih luas menurut geofisiologi biosfer adalah sistem ekologis global yang menyatkan seluruh komponen makhluk hidup dengan hubungan antarmereka termauk interaksinya dan unsur-unsur litosfer, hidrosfer, dan atsmosfer bumi.


Biosfer adalah lapisan lingkungan yang berada di permukaan bumi, air dan atmosfer yang mendukung kehidupan dari organisme. Biosfer merupakan ruang hidup bagi tumbuhan, hewan, dan manusia. Biosfer yang meliputi tanah, air, dan udara merupakan lapisan yang tipis, hanya sekitar 8 km kearah atmosfer dan 9 km ke arah kedalaman laut. Sejauh pengetahuan manusia, hanya pada lapisan biosfer lah dijumpai adanya kehidupan dari suatu organisme. 

Adapun faktor persebaran makhluk hidup di permukaan bumi dipengaruhi oleh beberapa faktor yang diantaranya sebagai berikut. 
  1. Perbedaan Iklim (klimatik), suhu, curah hujan, kelembapan dan angin
  2. Keadaan tanah (endafik), humus tanah, ukuran butir tanah, tingkat kegemburan, mineral hara, air tanah, dan kandungan udara. 
  3. Tinggi rendahnya eprmukaan bumi (relief) , pola penyinaran matahari (faktor fisiografi)
  4. Tindakan manusia yang menbubah bentangan alam. Misal tanah yang tandus menjadi daerah hutan, hutan menjadi daerah pertanian ataupun cara manusia melestarikan kehidupan flora dan fauna.
Bumi diketahui hingga sekarang adalah satu-satunya tempat yang diketahui mendukung suatu kehidupan. Biosfer ini dianggap telah berlangsung selama sekitar 3,5 miliar tahun dari 4,5 milihar tahun dari usia Bumi. 
Semoga artikel mengenai Mengenal Biosfer (Lapisan Tempat Makhluk Hidup)  membantu anda sebagai tambahan pengetahuan. Semoga bermanfaat 

Regards

Butuh Artikel 


Reference


  1. Eko Purnomo, Buyung Rohmanto, Deden Haerudin, Juli (2014).BSE IPS:GEOGRAFI
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Biosfer
Tag : IPS, Mengenal
0 Komentar untuk "Mengenal Biosfer (Lapisan Tempat Makhluk Hidup) "

Back To Top