Butuh-Artikel.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenal Geografi (Tulisan Tentang Bumi) dari Berbagai Ahli


Apa itu Geografi ? Pasti pernah anda mendengar pertanyaan tersebut khususnya untuk siswa yang tengah belajar disekolah. Lalu apa jawaban dari pertanyaan diatas. berikut akan kami jelaskan mengenai apa itu geografi . simak.


Kata geografi berasal dari bahasa Yunani : geo yang artinya bumi dan graphein yang berarti tulisan . Secara harfiah kita bisa mengartikan geografi dengan tulisan tentang bumi, karenanya geografi kita kenal dengan ilmu tentang bumi . Tetapi sebenarnya geografi tidak hanya mengenai permukaan bumi saja, melainkan berbagai hal yang ada di permukaan bumi, diluar bumi, bahkan benda-benda yang beraada di ruang angkasa. Berikut beberapa definisi dari ahli geografi. 

  • Geografi menurut Erastothenes pada abad ke 1 adalah penulisan atau penggambaran mengenai bentuk permukaan bumi.
  •  Geografi menurut Claudius Ptolomaeus adalah suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi. 
  • Geografi menurut Strabo adalah konsep Natural Attribut of Place atau faktor lokasi, karakteristik tertentu dan hubungan antar wilayah secara keseluruhan. 
  • Geografi menurut Ullman adalah interaksi antar ruang. 
  • Geografi menurut Ekblaw and Mulkerne adlah sebuah ilmu pengetahuan yang mempelajari bumi dan kehidupannya, termasuk pandangan hidup kita, makanan, pakaian, rumah maupun tempat berlibur yang kita nikmati. 
  • Geografi menurut Hart Shorne adalah ilmu yang menguraikan dan menginterpretasikan karakter variabel dari suatu tempat ke tempat lain di bumi yang mana adalah tempat kehidupan manusia.
  • Geografi menurut Fielding  adalah pelajaran atau studi tentang suatu lokasi dan tatanan fenomena yang ada pada permukaan bumi serta proses yang menyebabkanya.
  • Geografi menurut Yeates and Hagget adalah sebuah ilmu pengetahuan tentang perkembangan nasional dan pengujian terhadap teori-teori yang menjelaskan berbagai karakteristik dari permukaan bumi. 
  • Geografi menurut  Semlok and Nursid Sumaatmaja adalah ilmu yang mempelajari tentang persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudt pandang kelingkungan dalam konteks keruangan. 

Geografi juga merupakan judul sebuah buku bersejarah yang tulisan Klaudios Ptolemaion pada abad kedua. Geografi lebih dari sekedar kartografi, ataupun studi tentang peta. Geografi mempelajari hal, baik yang disebabkan oleh alam atau manusia.

Semoga Artikel tentang Mengenal Geografi (Tulisan Tentang Bumi) dari Berbagai Ahli  menambah wawasan anda dan menjadi artikel yang berguna

Best Regards


Reference



  • Eko Purnomo, Buyung Rohmanto, Deden Haerudin, Juli (2014).BSE  IPS : Geografi 
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Geografi
Tag : IPS
0 Komentar untuk "Mengenal Geografi (Tulisan Tentang Bumi) dari Berbagai Ahli "

Back To Top